Penjelasan Singkat Tentang Rukun Islam

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, serta para pengikutnya.

Sebagaimana telah diketahui bahwa agama Islam terdiri dari tiga tingkatan: Islam, Iman dan Ihsan. Iman berkaitan dengan amalan/keyakinan hati sedang Islam berkaitan dengan amalan anggota badan. Pada kesempatan sebelumnya kami telah menulis secara ringkas penjelasan tentang rukun iman, maka pada kesempatan ini kami ingin menulis tentang rukun Islam.

Diriwayatkan dari sahabat Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, dalam hadits yang panjang yang disebut hadits Jibril, malaikat Jibril bertanya kepada Nabi tentang Islam,

يا محمد أخبرني عن الإسلام , فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” الإسلام أن تشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا ”

“Hai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam ” Rasulullah menjawab,”Islam itu engkau bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Alloh dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Alloh, engkau mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Romadhon dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya.” [HR Muslim]

Rukun islam dibagi menjadi 5 perkara. Perkara tersebut yaitu :

Rukun Islam Yang Pertama Adalah Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat
Syahadat merupakan kata yang harus diucapkan untuk masuk islam. Syahadat itu menjadi sebuah kalimat untuk menyatakan pernyataan dan keyakinan terhadap adanya Allah subhanahuwataallah yang Esa dan Nabi Muhammad SAW. adalah Rosulnya.

Bunyi dari syahadat adalah :
اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

Artinya :

“Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.”

Rukun Islam Yang Kedua Adalah Mendirikan Sholat

Sholat adalah sebuah kegiatan dalam islam yang sangat baik dan sangat mulia. Dalam islam terdapat sholat wajib dan sholat sunnah, Sholat merupakan sarana penghubung antara umat-Nya dengan Allah. Sholat juga menjadi sebuah gambaran seberapa besar iman, takwa dan ketaatan umat kepada Allah.

Rukun Islam Yang Ketiga Adalah Zakat
Sebagai orang yang islam beriman dan bertaqwa, kita diwajibkan untuk mengeluarkan sedikit rezeki yang kita miliki untuk orang yang berhak dengan ukuran menurut ketentuan islam. Orang yang berhak menerima zakat ada beberapa golongan yang diantaranya adalah fakir miskin, hamba sahaya, gharim, mualaf dan lain sebagainya.

Rukun Islam Yang Keempat Adalah Puasa Pada Bulan Suci Ramadhan
Melakukan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan itu hukumnya adalah wajib. namun bagi yang tidak mampu dalam melaksanakan, maka wajib untuk mengganti sesuai ketetapan yang ditentukan pada islam. Puasa itu sendiri adalah menahan hawa nafsu, makan, minum dan sejenisnya sampai waktu terbenamnya matahari/ sampai masuk waktu sholat maghrib.

Rukun Islam Yang Kelima Adalah Menunaikan Haji Kebaitullah.
Menunaikan ibadah Haji adalah suatu hal yang wajib dilakukan atau dikerjakan oleh umat beragama islam yang mampu untuk menjalankannya. Arti kata mampu ini adalah mampu dalam hal badan, uang atau harta, dan kesehatan.